SOAL KISI KISI UTS KLS X MULTIMEDIA 1 2017
1. Pengertian film yaitu
2. pengertian storyboard yaitu
3. Alir proses produksi multimedia di bagi menjadi 3 tahap yaitu...jelaskan!
4. Asal kata multimedia yaitu
5. pengertian multimedia menurut terminologi ICT yaitu
6. apa yg dimaksud multimedia content production dan sebutkan contohnya
7. apa yg di sebut multimedia communication dan sebutkan contohnya
8. sebutkan 4 macam gerakan kamera beserta pengertiannya
9. sebutkan 4 macam teknik pengambilan gambar beserta pengertian dan contohnya
10. sebutkan 4 bagian-bagian yang terdapat pada kamera DSLR beserta fungsinya
11. funsi ikon paste yaitu
12. sebutkan 4 minimal toolbar pada coreln dan fungsinya
13. fungsi power clip yaitu
14. apa perbedaan WELD dan TRIM \
15. bagaimana mewarnai objek
16. bagaimana mengubah huruf menjadi objek
17. apa yang dimaksud colour palete
18. apa fungsi grup
19. ketika membuat lingkaran,agar objek tersebut berbentuk bulat utuh atau tidaklonjong maka secara bersamaan menekan
20. apa kegunaan power supply
JAWAB
1. Film adalah media komunikasi yang bersifat audio visual untuk menyampaikan suatu pesan kepada sekelompok orang yang berkumpul di suatu tempat tertentu.
2. Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.
3. A. Pre Production
Adalah proses penyiapan semua elemen yang terlibat dalam sebuah produksi (shoting) film/video. Dari mulai pengaturan budget, pemilihan sutradara, aktor, cameramen, crew, lokasi,peralatan, kostum/wardrobe dll.
B. Production
Adalah proses pelaksanaan produksi (shoting) yang mengacu pada persiapan yang dihasilkan dari proses PreProduction.
C. Post Production
Adalah proses penyelesain akhir (finishing) dari sebuah rangkaian produksi (shoting) yang meliputi mengeditan gambar, penambahan title, grafik, animasi & special effects, musik, sound effects, audio dubing, & output ke media video seperti: Betacam, DVCAM, MiniDV, & CD/DVD.
4.Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
5.Multimedia adalah penggunaan kompeter untuk menyajikan dan menggabungkan text,suara,gambar,animasi,dan video dengan alat bantu dan koneksi.Sehingga pengguna dapat berkarya,berinteraksi dan berkomunikasi
6. Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
- Media teks atau tulisan
- Media audio atau suara
- Media video
- Media animasi
- Media gambar
- Media Interaktif
- Media spesial effect
- TV
- Radio
- Film
- Media Cetak
- Musik
- Game
- Entertainment
- Tutorial
- Internet
· Pan right : gerak kamera mendatar dari kiri ke kanan.
· Pan left : gerak kamera mendatar dari kanan ke kiri.
· Tilting
Tilting adalah gerakan kamera secara vertikal (posisi kamera tetap di tempat) dari atas ke bawah atau sebaliknya.
Tilting adalah gerakan kamera secara vertikal (posisi kamera tetap di tempat) dari atas ke bawah atau sebaliknya.
9. Extreme Long Shot/wide shot
Jenis Shot/sudut pengambilan gambar yang digunakan untuk mengambil gambar yang sangat jauh, panjang luas, dan berdimensi lebar, diambil dari area yang sangat luas untuk menggambarkan atmosfir dan lingkungan tempat kejadian, subjek terlihat sangat kecil pada frame, sehingga benar benar tidak dapat dikenali, ukuran figure lebih kecil dari 1/6 dari ketinggian frame, meskipun demikian masih bias menginformasikan bahwa subjek adalah manusia,walaupun tidak dapat dibedakan atara pria dan wanita. Contoh Jenis Shot pengambilan gambar pemandangan pegunungan, Pemandangan di Sawah, Perkotaan,dll.
Long shot/full shot,
Jenis shot pengambilan gambar ini dikenal sebagai landscape format, gambar seutuhnya diambil dari bawah sampai atas setinggi frame/kurang sedikit. Misalnya seseorang yang di foto terlihat dari bagian sepatu sampai kepalanya.
Medium Long Shot (Knee Shot),
Jenis shot pertama yang melakukan pemotongan tubuh objek sebatas dari lutut sampai kepala, untuk pengambilan diatas/bawah lutut tergantung jenis kelamin/ pakaian yang dipakai subjek, sedangkan untuk objek bergerak diapaki gambar dibawah lutut.
Medium Shot/ portrait format atau pas photo
Sudut pengambilan gambar mulai dari perut sampai dengan kepala.
10.
1. Bodi
Inilah pusat aktivitas dari nyaris semua bagian yang dimiliki sebuah kamera DLSR. Selain tombol-tombol pengatur, ada komponen penting yang hanya terdapat dalam kamera. Komponen itu tak lain dari cermin refleks dan sensor gambar.Pada DSLR juga terdapat grip yang menjadi tempat tangan kanan kita memegang kamera.Juga terdapat ulir dudukan untuk meletakkan kamera pada tripod ketika kita akan menggunakan shutter lambat atau ketika melakukan pemotretan produk.
2. Lensa
Bagian kamera DSLR yang terbilang sangat penting adalah lensa. Bagian yang terpisah dari bodi ini punya peran penting dalam menghasilkan gambar yang menarik.Semua objek foto yang akan diabadikan pasti melewati lensa lebih dahulu. Ada sedikit saja goresan pada lensa, maka hasil fotonya pasti tidak akan sempurna.
Karena itu, lensa harus selalu dirawat dan dibersihkan dari berbagai macam kotoran dan jamur yang kerap muncul.
3. Tombol Shutter
Keberadaan tombol shutter ini sudah didesain secara ergonomis sehingga tepat berada di jari telunjuk ketika akan memotret.Tombol ini berfungsi mengaktifkan rana yang ada di dalam bodi, sesuai dengan setelan yang diinginkan.Tombol ini praktis hanya berhubungan langsung dengan rana. Tidak dengan komponen atau alat pengatur yang lain.
4. View Finder
View finder atau bisa juga disebut dengan jendela intip menjadi poin penting saat akan mengambil foto.Keberadaan view finder sudah mulai digantikan oleh LCD pada kamera DSLR tertentu. Tapi tetap fungsinya belum bisa digantikan secara penuh oleh LCD.Pada view finder ini akan terdapat alat untuk mengatur fokus khusus bagi Anda yang bermata minus atau plus.Tombol ini sangat membantu sehingga tidak kagok dengan kacamata saat akan melihat objek melalui view finder.
11. Menampilkan hasil dari duplikat / copy
12. Insert Page : Menambahkan halaman lembar kerja
Rename Page : Menganti nama halaman lembar kerja
Delete Page : Menghapus halaman lembar kerja
Got To Page : Loncat ke halaman .....
13. PowerClip adalah sebuah fasiitas CorelDRAW yang digunakan untuk memasukan sebuah objek vektor atau bitmap ke dalam suatu objek yang lain yang disebut container.
14.Weld : Penggabungan dua objek atau lebih menjadi satu objek. Buat dua objek kotak dengan warna yang beda. Kemudian klik salah satu objek itu dan klik objek yang lainnya sambil menekan Shift.
Trim : Pemotongan objek dengan objek yang memotongnya. Buat dua objek lingkaran dengan warna yang beda. Blok keduanya dengan menekan tombol Shift. Kemudian klik Trim dan salah satu objeknya akan terpotong.
15. Mewarnai Objek/Gambar Fill dan Outline
Untuk mewarnai gambar di CorelDraw sangat mudah, caranya pilih objek yang akan diwarnai kemudian pilih warna yang anda inginkan di color toolbar atau sebaliknya:
Cara 1 : Klik pada Objek yang hendak diwarnai kemudian Klik Kiri Pada Warna untuk Mewarnai Fill / Isi dan Klik Kanan pada warna untuk untuk mewarnai outline.
Cara 2 : Pilih warna di color toolbar kemudian drag (tahan) & drop (lepas) pada obek yang ingin diwarnai bagian fill atau outline
16. Cara Mengubah Teks Menjadi Objek di CorelDRAW, pada dasarnya teks atau tulisan yang kita buat di coreldraw adalah bukan sebuah Curve atau objek yang bisa di edit luas, oleh karena itu kita harus mengubahnya ke Curve / objek agar bisa kita edit dengan sebuah tool, contoh “Shape Tool (F10)”, bagaimana cara mengubahnya? Caranya cukup mudah, di coreldraw sudah disediakan tool yang bernama “Convert to Curves” yang bisa membuat tulisan menjadi Objek curve. Tetapi teks yang telah kita Convert tidak akan bisa lagi diubah menjadi format text lagi :) kecuali ctrl + z, sedikit penjelasan
17. Color Palette adalah bidang yang berisi kotak-kotak dengan warna pilihan dari sistem warna Coreldraw, seperti Default CMYK Palette, Default RGB palette, Uniform Colors
18. Group page setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman,seperti ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dll.
19. CTRL
20. sebagai alat yang mampu memberikan sebuah suplai arus listrik kepada semua komponen komputer yang sudah terpasang dengan baik, dimana arus listrik yang dihasilkan merupakan arus AC dan selanjutnya akan dirubah menjadi arus DC.................
-------------------------------------------------THANKS FOR WATCHING------------------------------------------------
Komentar
Posting Komentar